Recent Posts

Friday, 24 December 2010

Sahabat sampai mati!



It's been a long time to write down on my blog. Sekarang mudah2an bakalan rajin ngeblog lagi. Pada tulisan kali ini saya akan bercerita tentang salah satu sahabat saya namanya Tya Muhibbaini, kelahiran 16 Oktober 1990 di Medan. Akrab disapa Tya (ato Curut, hehe). Saya sekelas sama dia sejak semester 3, kalo ga salah September 2009. Orangnya cukup judes, galak, dan berani. Semakin kesini saya semakin tahu segala kelebihan dan kekurangan dia. Kita berdua sama-sama punya misi yang sama, yaitu jadi orang yang sukses. Dan bisa ngebahagiain ortu kita masing2. Tya orangnya bisa diajak gila2an, seru2an, pokoknya kalo saya sama dia udah ngumpul pasti deh ada aja bahan ketawaan. Orangnya tomboy, tapi insidenya cewek banget (haha). Satu yang saya salut banget, dia bisa survive di tengah orang2 yang jahat sama dia dulu. Dan sekarang, dia ngedapetin hasil dari kesabarannya. Saya mungkin hanya sok tahu soal dia karena baru kenal kira2 1,5 tahun. Tapi sebagai teman seperjuangan dan seperantauan di Bandung, saya hanya punya dia sebagai tempat curhat, tempat berbagi senang dan duka. Kami sering curhat2an masalah keluarga, temen2 lama, mantan pacar, masalah kuliah, dan masih banyak lagi. Alhamdulillah, saya bersyukur, Tya adalah sahabat terbaik yang pernah saya temui dalam hidup saya. Saya sudah menganggapnya sebagai sodara saya sendiri. Yes, we're sister, whatever happened, we're keep in. Selain itu, dia punya suara yang bagus banget. Saya paling suka kalo dia nyanyiin lagu Angel nya Sarah McLachlan. Mantep dah pokoknya. InsyaAllah persahabatan kami ga akan putus sampe ajal menjemput. Amin ya Allah.


"a friend is someone who UNDERSTANDS your past, BELIEVES in your future, and ACCEPTS you just the way you are"



Tuesday, 9 November 2010

Tugas-3 Etika Profesi (daftar istilah)

Tugas Etika Profesi – 3
Pramita S Palamani
30108146
PIS 07-01
1. Whistle blower adalah istilah bagi karyawan, mantan karyawan atau pekerja, anggota dari suatu institusi atau organisasi yang melaporkan suatu tindakan yang dianggap melanggar ketentuan kepada pihak yang berwenang. Secara umum segala tindakan yang melanggar ketentuan berarti melanggar hukum, aturan dan persyaratan yang menjadi ancaman pihak publik atau kepentingan publik. Termasuk didalamnya korupsi, pelanggaran atas keselamatan kerja, dan masih banyak lagi.
2. Breach of contract (pelanggaran kontrak) adalah hukum penyebab aksi di mana kesepakatan yang mengikat atau tawar-untuk pertukaran tidak dihormati oleh satu atau lebih pihak untuk kontrak oleh non-kinerja atau gangguan lain pihak kinerja. Jika partai tidak memenuhi janji kontrak, atau telah memberikan informasi kepada pihak lain bahwa ia tidak akan melakukan tugasnya sebagaimana disebutkan dalam kontrak atau jika dengan tindakan dan melakukan dia tampaknya tidak dapat melakukan kontrak, dia mengatakan untuk pelanggaran kontrak.
3. Bribery (penyuapan) Penyuapan
Suap adalah praktek dimana seseorang yang dapat mengambil keputusan atau tindakan atas nama orang lain berdasarkan otoritasnya atau posisi dipengaruhi dengan membayar atau menawarkan manfaat moneter untuk mempengaruhi dia untuk mengambil tindakan atau keputusan yang dia tidak akan dilakukan sebaliknya. Misalnya. Penawaran uang kepada polisi untuk merekam laporan verifikasi salah.
4. Worm (cacing komputer) dalam keamanan komputer, adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability. Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia. Worm merupakan evolusi dari virus komputer. Hanya ada satu cara untuk mengatasi worm yaitu dengan menutup celah keamanan yang terbuka tersebut, dengan cara meng-update patch atau Service Pack dari operating sistem yang digunakan dengan patch atau Service Pack yang paling terbaru.
5. Trojan horse
Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).
6. Ingress filtering
Dalam jaringan komputer , ingress filtering adalah teknik yang digunakan untuk memastikan bahwa yang masuk paket sebenarnya dari jaringan itu berasal.
7. Egress filtering
Dalam jaringan komputer, egress filtering adalah praktek pemantauan dan berpotensi membatasi arus keluar informasi dari satu jaringan ke yang lain. Biasanya itu adalah informasi dari pribadi TCP / IP jaringan komputer ke internet yang dikendalikan. TCP / IP paket yang dikirim keluar dari jaringan internal diperiksa melalui router atau firewall . Paket yang tidak memenuhi kebijakan keamanan tidak diperbolehkan untuk meninggalkan - mereka ditolak "jalan keluar". Egress filtering membantu memastikan bahwa lalu lintas yang tidak sah atau jahat tidak pernah meninggalkan jaringan internal.
8. Phising
Di bidang keamanan komputer , phishing adalah pidana penipuan proses mencoba untuk mendapatkan informasi sensitif seperti username, password dan rincian kartu kredit dengan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik . Komunikasi yang mengaku berasal dari populer situs web sosial, situs lelang, prosesor pembayaran online atau IT administrator biasanya digunakan untuk memikat publik tidak curiga. Phishing biasanya dilakukan oleh e-mail atau pesan instan , dan sering mengarahkan pengguna untuk memasukkan rincian di sebuah website palsu yang terlihat dan terasa hampir sama dengan yang sah. Phishing adalah contoh social engineering teknik yang digunakan untuk mengelabui pengguna, dan mengeksploitasi kegunaan miskin teknologi keamanan web saat ini. Upaya untuk menangani meningkatnya jumlah melaporkan phishing insiden termasuk legislasi , pelatihan pengguna, kesadaran masyarakat, dan teknis langkah-langkah keamanan.
9. Scamming
Scam adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam.
10. Roving tap (sengaja mendengarkan percakapan orang lain)
Sengaja mendengarkan percakapan pribadi lain adalah menguping. Bisa menguping ilegal. Ini adalah pelanggaran privasi. Yang mengatakan, hal itu mungkin terjadi lebih sering dari yang Anda pikirkan. Juga, ada semakin banyak teknologi yang memungkinkan menguping. Pada orang-orang terburuk yang mungkin menguping paranoid, terobsesi, atau pidana tapi itu tidak terjadi, jadi kami ingin berbagi apa yang kita tahu dengan Anda. Pada bagian ini kita akan mempertimbangkan pihak ketiga darat mendengarkan percakapan telepon di rumah, di depan umum, dan di tempat kerja. Pihak ketiga adalah orang yang tidak dimaksud pengirim atau penerima dari komunikasi telepon.
11. CALEA (The Communications Assistance for Law Enforcement Act)
Adalah Penyadapan hukum Amerika Serikat disahkan pada tahun 1994. Tujuannya CALEA adalah untuk meningkatkan kemampuan penegakan hukum dan badan-badan intelijen untuk melakukan elektronik pengawasan dengan mensyaratkan bahwa telekomunikasi operator dan produsen perangkat telekomunikasi memodifikasi dan desain peralatan mereka, fasilitas, dan layanan untuk memastikan bahwa mereka memiliki built-in kemampuan surveilans, memungkinkan federal lembaga untuk memonitor semua telepon, internet broadband, dan lalu lintas VoIP secara real-time.
12. Slander (fitnah)
Fitnah-juga disebut fitnah, pencemaran, fitnah (untuk laporan sementara), dan pencemaran nama baik (untuk ditulis, disiarkan, atau menerbitkan kata-kata)-adalah komunikasi pernyataan yang membuat klaim, tersurat maupun tersirat menyatakan akan faktual, yang mungkin memberikan individu , bisnis , produk , kelompok , pemerintah , atau bangsa citra negatif. Hal ini biasanya sebuah persyaratan bahwa klaim ini tidak benar dan bahwa publikasi dikomunikasikan kepada orang lain selain orang dicemarkan nama baiknya (yang penuntut ).
13. Libel
Fitnah didefinisikan sebagai pencemaran nama baik dengan kata-kata tertulis atau tercetak, gambar, atau dalam bentuk lain yang bukan dengan kata-kata yang diucapkan atau gerakan. Orang yang paling sering membingungkan fitnah dengan fitnah. Fitnah adalah laporan palsu terhadap nama baik seseorang. Ini akan menjadi sama seperti mengatakan rumor, kecuali, dalam arti lebih serius. Keduanya sangat mirip dalam arti bahwa mereka melibatkan laporan palsu. Perbedaan antara fitnah dan fitnah adalah fitnah yang ditulis dan fitnah diucapkan.
14. Obscene speech (berbicara/pidato tidak senonoh)
Sebuah kecabulan (dalam bahasa Latin obspenus, yang berarti "busuk, menjijikkan, menjijikkan") adalah pernyataan atau tindakan yang sangat menyakiti yang lazim moralitas saat itu, adalah senonoh , atau jika tidak tabu , tidak senonoh, menjijikkan, atau menjijikkan, atau terutama sial. Istilah ini juga diterapkan untuk objek yang menggabungkan pernyataan seperti atau menampilkan tindakan semacam itu.
15. Defamation
Dalam common law yurisdiksi, fitnah mengacu pada, berbahaya palsu, memfitnah diucapkan pernyataan dan atau laporan, sedangkan fitnah mengacu pada setiap bentuk komunikasi lainnya seperti kata-kata tertulis atau gambar. Sebagian besar jurisdiksi memungkinkan tindakan hukum, sipil dan / atau pidana, untuk mencegah berbagai macam fitnah dan membalas kritik beralasan. Terkait dengan pencemaran nama baik adalah pengungkapan publik fakta swasta , yang muncul di mana satu orang mengungkapkan informasi yang tidak menjadi perhatian publik, dan pelepasan yang akan menyinggung orang yang wajar.

Saturday, 23 October 2010

Happy 20th birthday my friend, Tya!


"selamat ulang tahun ku ucapkan.. sambutlah hari indah bahagia.. selamat ulang tahun untuk kamu.. panjang umur di dalam hidupmu.. terimalah kadoku buat kamu yang ku persembahkan lewat laguku ini.."

lirik diatas saya ucapkan buat sahabat saya Tya yang berulang tahun tanggal 16 Oktober kemaren. ga tau siapa yang nyanyi, ga tau lagunya dari awal. dan cuma tau reffnya doang. haha. yah mudah2an semua harapan dan cita-citanya tercapai, amin. agak telat sih nyeritainnya karena udah lewat seminggu yang lalu. tapi ga apa2 lah. kalo dinget2 lucu tau.

minggu lalu, kami semua sangat disibukkan dengan urusan KP dan kuliah. deadline presentasi KP sampe tanggal 15. waduh mampus mana belum ketemu dosen pembimbing lagi. sebenernya saya udah mulai mikirin surprise ultah buat si tya dari minggu2 lalu cuma karena waktunya masih lama ya udahlah sambil berjalan aja. dan minggu ini adalah minggu terakhir saya mikir (sok bgt, haha). awalnya bingung mo ngasih kado apa. tapi akhir2 ini dia sering bilang kalo pengen punya gitar. dan itu ketangkep di pikiran saya. ya, kado buat dia adalah gitar. belinya hari selasa siang. saya udah berjaga-jaga kalo dia ga boleh ke kosan saya sampe hari sabtu nanti. kan ga seru kalo ketahuan. hahaha. rabu kuliah biasa. kamis sempet tegang banget karena urusan sama dosen pembimbing KP. dan jumatnya ngumpulin revisi laporan. 2 hari itu penuh perjuangan banget ngurusin KP. dan alhamdulillah urusan KP beres sorenya. pulang langsung ngubungin anak2 (Akbar & Syawal). tadinya yang mo beli kuenya saya sama akbar. cuma si gemala sms, dia pengen beli kado buat tya juga. ya udah dia sama akbar pergi beli kado, sekalian beli kue dan kartu ucapan biar ga bolak balik. kita patungan berempat beli kue itu. di fb, saya iseng ngetest si tya, nulis status bernada ngantuk, capek, pengen tidur. dan dia ngelike, mungkin karena kecapean juga. hahaha. tapi bagi saya ini misi pertama karena udah berhasil ngeyakinin dia kalo kita semua lupa sama ultahnya. wkwkwk. jam setengah 12, akbar sama syawal udah ngumpul di kosan saya, nyiapin semuanya. jam 12 kurang ke kosan tya, ternyata dia tidur kata gemala. kita autis diluar pagar nyiapin lilin, dsb. tepat jam 12 masuk pelan2 ke kamarnya. matiin lampu dan bangunin dia. SURPRISE...!!! happy birthday to you, happy birthday to you, happy birthday to you.. make a wish dan tiup lilin.. hehehe..

satu per satu ngasih ucapan ultah. behhh.. dianya malah nangis sampe bengkak matanya. hehe. awalnya kita ngomong kalo kita lupa beli kado. terus, nyuruh dia cuci muka di kamar mandi. padahal kita dah siapin kado2nya di luar. eh dia malah ga liat. terpaksa suruh keluar lagi. syawal bilang ambilin barangnya diluar. haha. pas ke kamar dah megang kado2nya.. hihihi.. lucu kalo diinget2.

terus, nyuapin kuenya ke kita satu satu. abis itu gantian nyuapin dia. dan ga lupa, foto-foto.. nginep di kosannya. baru tidur jam 4 pagi. jam 8 langsung ngampus. niat saya sama anak2 cuma pengen bikin dia bahagia di hari spesialnya.

sekali lagi, gw ucapin met ultah buat sahabat gw Tya Muhibbaini yang ke 20. dah kepala 2 yah. dah gede dong. hehe. tetep jadi lo apa adanya dan tetep jadi sahabat kita. karena kita semua sayang sama lo. gw bersyukur banget bisa kenal ma kalian.

"a real friend is someone who UNDERSTANDS your past, BELIEVES in your future, and ACCEPTS you just the way you are."

Thursday, 21 October 2010

Etika Profesi dalam dunia IT

(postingan ini dibuat untuk memenuhi tugas Etika Profesi 07-01)

Etika adalah nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pegangan bagi masyarakat dalam mengatur tingkah lakunya. Etika dinilai perlu bagi semua bidang karena untuk mengatur perilaku dalam kehidupan bermasyarakat apakah benar atau salah. Jika tidak ada peraturan, tentu dunia ini akan kacau balau. Contohnya etika profesi dalam bidang IT. Kemajuan teknologi informasi yang sudah semakin canggih telah memberikan ladang bisnis baru. Etika profesi dalam bidang IT sama halnya dengan etika di bidang lain, yaitu mempunyai keteraturan dan norma-norma dalam menjalankannya. Salah satu contohnya adalah penjualan online. Transaksi di pasar online harus mempunyai peraturan yang harus ditaati pemakainya dalam dunia maya. Semua user/pemakai yang menjalankan bisnis dan memakai fasilitas IT, dengan penuh tanggung jawab atas apa yang dilakukannya dalam dunia IT. Dengan demikian kita dapat menikmati kecanggihan dunia IT dengan aman.

referensi:

Thursday, 5 August 2010

Lama Ga Ngeblog

Akhirnya bisa nulis lagi setelah kurang lebih 3 minggu ga nulis. alhamdulillah berakhir sudah semester 4 yang indah ini. nilai2 saya yang bagus (alhamdulillah) yang diselangi dengan beribu-ribu tantangan. sebagai ucapan tanda syukur saya atas berlimpahnya nikmat yang dikasih sama Sang Pencipta, beribu-ribu kali saya harus mengucap alhamdulillahirabbil 'alamin, puji syukur kepada Allah. berbagai rintangan dan halangan yang saya alami memberikan begitu banyak pelajaran berharga bagi saya. saya baru merasakan ribetnya menjadi seorang mahasiswa. UAS belom kelar kami sudah disibukkan dengan urusan Kerja Praktek (KP). saya bersama ketiga temen saya berencana untuk KP di Bandung. di sela-sela berjalannya UAS ini, saya sama Akbar mencari tempat2 KP. berbagai perusahaan sudah kami datangi dan yang paling berkesan bagi saya adalah berjalan kaki di sepanjang jalan Asia Afrika, menanyakan ke setiap perusahaan dan bank apakah mereka menerima mahasiswa KP. hasilnya nihil, semua perusahaan yang kami datangi sebagian sudah penuh dan sebagian lagi tidak menerima mahasiswa KP. 2 hari kami ngebolang (ahahaa), tapi hasilnya sama aja, ga dapet. akhirnya kami putuskan untuk KP di kota kami masing2. saya di PT. Telkom Kandatel Manado, Tya di Telkom IS Centre, dan Akbar di PT. Taspen. perjuangan kami untuk mendapatkan surat permohonan KP pun disertai banyak halangan. nunggu tanda tangan dari ketua prodi lamanya 2 hari baru dapet. saya ngajuin hari sabtu, selasa baru dapet. kamisnya saya langsung balik ke manado. buset dah tiketnya mahal gila. 1,8 jeti saya keluarkan buat beli secarik kertas Lion Air yang membawa saya pulang ke Manado. flight saya jam 6 pagi, jadi dari Bandung jam 1 naik primajasa. jam setengah 4 nyampe bandara Cengkareng. langsung check-in nunggu pesawat jam 6.30 baru dateng. berangkat!! transit Surabaya tapi ga turun dari pesawat. tepat jam 11.30 saya tiba di Sam Ratulangi The International Airport. dijemput om, tante, dan sepupu saya. besoknya jumat saya ke kantor Telkom ngasihin surat permohonan KP. hari sabtu, ke Belang kampung halaman mama saya. indahnya bisa kumpul bareng keluarga lagi. minggu siang pulang. dan seninnya langsung masuk KP.

Saturday, 10 July 2010

Ibu..

Sebening tetesan embun pagi
Secerah sinarnya mentari
Bila ku tatap wajahmu Ibu
Ada kehangatan di dalam hatiku

Air wudhu selalu membasahimu
Ayat suci selalu di kumandangkan
Suara lembut penuh keluh dan kesah
Berdoa untuk putra-putrinya

Oh Ibuku engkaulah wanita

Yang ku cinta selama hidupku
Maafkan anakmu bila ada salah
Pengorbananmu tanpa balas jasa..


Ya Allah ampuni dosanya

Sayangilah seperti menyayangiku
Berilah ia kebahagiaan
Di dunia juga di akhirat..

[terharu banget pas dengerin lagu ini. top banget dah yang bikin liriknya.]

Friday, 2 July 2010

presentasi 3 hari kelar!


hey..hey..hey.. dah lama banget saya ga ngeblog. yah dikarenakan kesibukan yang padet menjelang UAS ato yang lebih dikenal dengan Ujian Agak Serius. kalo UTS udah pada tau kan? UTS itu Ujian Tidak Serius. ngakakakakakak. oke sekarang kita mulai bercerita.

Kamis, 24 Juni 2010
hmm. hari ini dimulai dengan presentasi jarkom jam 9. saya sama tya dateng duluan. sambil nunggu anak2 yg lain dateng, si tya ngerjain Sisfolan. si akbar dateng kira-kira 15 menit kemudian. setelah itu disusul syawal sama icank. udah lengkap, tinggal presentasi. langsung naik lift ke lantai 3 tepatnya di lab 1. hmm, pas liat kelasnya kok sepi ya. cuma ada 1 kelompok yang presentasi. mampus, yang nguji aspraknya sok banget. tapi alhamdulillah. kebetulan, temen saya salah satu asprak jarkom. jadi deh kita presentasi ma temen saya itu namanya Ibnu. hehe. presentasi berjalan dengan lancar soalnya ga pake in focus. cuma kayak face to face gitu. alhamdulillah.

presentasi kedua yaitu Sisfolan. dosennya baik banget. presentasi tuh ga pake lama, cuma nge demoin web kita n asal fungsi2nya jalan semua. udah, beres deh. ga ada yang namanya nanya2 ini itu. pokoknya nyantai banget dah. namanya Pak Guntur Prabawa Kusuma (GTR). beliau jadi dosen favorit saya deh. waktu semester kemaren juga dia dosen UID kita. nilainya pada tinggi2 semua. seneng banget deh. InsyaAllah nilai Sisfolan kali ini juga tinggi. Aminn ya Allah.


Jumat, 24 Juni 2010
hari ini ada tambahan sekaligus presentasi XML jam 9 pagi. alhamdulillah kelompok saya presentasi XML hari ini. soalnya kalo ditunda besok malah makin berat mikirnya. makin kepikiran. abis XML, dilanjutin dengan Sistel jam 1. alhamdulillah berjalan dengan lancar. terus jam 3 Bahasa Indonesia sudah menunggu. wah ini nih yang paling buat saya deg-degan. soalnya saya cuma berdua sama tya kelompoknya. tapi ya dibikin biasa aja lah. dan alhamdulillah, semuanya berakhir sudah hari ini. pulang jam 5, langsung tepar. besok masih ada 2 presentasi lagi.


Sabtu, 25 Juni 2010
hari terakhir perkuliahan di semester 4 ini. jam 7 pagi dimulai dengan presentasi Inovasi dan Kewirausahaan. ini yang paling saya tunggu2. haha. soalnya kuliahnya enak sih. saya dapet banyak pelajaran dari kuliah ini. kita ditanyain kesan2nya selama mengikuti kuliah ini alias jualan. satu per satu harus ngomong gimana kesan2nya selama jualan. Pak Ferdian, dosen kita juga baik banget. beliau juga masih muda dan motivasi2nya juga bagus dan keren banget. selama presentasi ga ada tuh yang tegang. semuanya nyantai dan enjoy. okz banget dah. abis ini masuk XML, ngeliat yang pada presentasi saya cuma duduk2 aja diem. jam 11 e-commerce. dasar tu dosen. kita dibikin ribet ama dia. ngasih tugas ga nanggung2 dan da pernah diajarin juga. walopun sedikit ada trouble, tapi alhamdulillah, Allah masih sayang sama saya, hehe. terakhir presentasi praktikum e-commerce. kelompok saya yang pertama maju. kirain bakal dibantai abis-abisan. eh taunya ga. malah aspraknya cukup baik. alhamdulillah akhirnya presentasi di semester ini berakhir juga. saya ma temen2 ga langsung pulang, kita nongkrong di kelas dulu sambil ngobrol2 ga jelas. lagi enak2an ngobrol, eh gempa. langsung dong semuanya pada lari. yang laen pada lari keluar, saya malah nyari laptop saya yang dipinjem reza. haha, iya dong. ntar kalo ga da laptop, mau belajar pake apa saya, file2 kuliah saya yang penting2 ada disitu semuanya. ternyata gempanya ga terlalu gede, alhamdulillah. setelah ditelusuri (bahasa lo ketinggian banget sih) pusat gempanya di tasikmalaya. dan abis itu ada gerhana pula. pantesan pas lagi jalan pulang, semua mesjid pada takbiran. mau sholat gerhana toh. ya udah pulang, makan, langsung tidur. capeeekkk..

Tuesday, 22 June 2010

Gasibu, the final!


Alhamdulillah. satu kata yang sangat ampuh membuat hati tenang, sabar, dan selalu mensyukuri nikmat Allah. inilah tugas yang semakin membuat saya merasakan gimana perjuangan para pedagang setiap harinya, gimana susahnya mencari uang untuk meneruskan hidup. melalui tugas ini pula, saya semakin bersyukur pada Allah karena saya termasuk orang-orang beruntung dikasih rezeki lebih, tidak hanya dari segi materi tapi juga lahir batin.

ga kerasa ini dah final inov. sabtu pagi pergi ke pasar berempat lagi sama tya, akbar, fahmi. kali ini beli jagungnya ga tanggung-tanggung 4 kilo. buset dah. terus beli cupnya lagi 50 biji. dari pagi jam 9 sampe 5 sore kuliah. pulangnya langsung tidur nambah energi. kita janjian jam 9 malem di kosan tya buat nyiapin semuanya. wah, emang diforsir banget malem itu. kita semua (kecuali rahmat) ngumpul di kosan tya. ngerebus jagung, ngegoreng roti jala + bikin kuahnya, ngemasin jagungnya. kita semua ga tidur tuh. kelar jam setengah 3 pagi. istirahat bentar, telpon taksi. tadinya mo nyewa motor tapi udah pada penuh. jadi pake taksi aja ke gasibunya. meluncur jam 3 pagi ke gasibu. pas nyampe udah ada yang mulai siap2 buat dagang. kita kan janjian sama anak2 kelas biar barengan gitu jualannya. kelompok saya bolak balik muter-muter dari depan telkom japati terus ke depan gedung sate, di seberang gedung sate duduk bentar di tangga masuk lapangan gasibunya. terus kita jalan kaki lagi ke arah kanan (saya lupa namanya, hehe), terus balik lagi ke tangga masuk gasibu. intinya sih nyari lapak yang kosong dan bukan tempat orang. kalo sampe kita nempatin lapak orang mah bisa berabe urusannya. finally, kita jualan di deket tangga itu, tapi sepi tempatnya. ga pa2lah yang penting ada tempat. syawal n fahmi muter2 ngedagangin jualan kita. saya,tya,akbar,tami,lourent,icank dagang di tempat. saya sama tya sempet tidur bentar, itupun ga nyenyak. capek banget dah ga tidur dari sabtu pagi. setelah sejam ngedagangin jualan, belum laku juga. denger2 sih yang laku disini bukan makanan/kuliner, tapi barang2 kayak baju, tas, sepatu, dll. sekali lagi ga pa2. tetap bersyukur aja. pulang sekitar jam 9an. saya,tya,tami,lourent pulang naik angkot. kali ini matahari lagi enak banget dah memancarkan sinarnya, hahaha. oh iya, ada satu cerita lagi. waktu nyari sarapan sama tya n akbar. kita sarapan sate dan penjualnya seorang nenek renta. sebuah pemandangan langka bagi saya, langsung saya abadikan di kamera hp tya (ga modal banget sih saya, haha). saya tersentuh hatinya pas ngeliat beliau motong2 lontong, ngebakar satenya. ini merupakan pelajaran berharga bagi saya. bayangin, seorang nenek yang udah tua, masih tetap semangat jualan untuk melanjutkan hidupnya. saya kasihan ngeliat beliau, dalam hati saya, kemana keluarganya, anak2nya. kenapa beliau dibiarin nyari uang sendiri. Ya Allah saya cuma bisa terdiam ngeliat beliau.

nyampe kosan tya, anak2 pada tepar. fahmi,icank,akbar tidur. wah kasian sekali kita ini. tapi apa boleh buat, demi tugas. jualannya sih masih sisa lumayan banyak. ya udah langsung ditawarin ke temen2 kosannya tya dan alhamdulillah cupcorn abis. roti jala masih sisa. kita mutusin untuk bagi2 aja ke orang2 di sekitar. itung2 buat sedekah lah.

pulang dari kosan tya saya langsung tepar. balas dendam (hahaha) tidur dari jam 2 siang sampe 11 malem. itupun kebangun gara2 kelaperan. hehe. untung masih ada tukang nasi goreng di bawah kosan saya. tapi sayang, nasgornya abis, adanya mie. hmm, dari pada ga makan sama sekali, ga pa2lah makan mie. abis makan tidur lagi. jiah.. dasar tukang tidur. haha.

alhamdulillah saya tetap bersyukur untuk hari itu.


baru nyampe dan masih gelap. ini di depan kantor Telkom Japati. date picture taken: 20/6/2010, 3.26 am











muka capek!













muka capek part II













tya, akbar, mita













sengaja janjian pake baju putih semua. like this.












:'(


















speechless..


















pose di depan gedung sate. salah satu ciri khas kota Bandung.

Friday, 11 June 2010

Friendship Never Ends


hmm diliat dari judul kayaknya dah bosen ya dengernya. tapi ga bagi saya. inilah sahabat2 saya, yang baru kenal hampir 2 semester terakhir. walaupun belum kenal tapi saya udah ngerasain indahnya kebersamaan dan kehangatan suatu persahabatan. check it out!


1. Tya Muhibbaini
2 bulan sejak saya dipindahkan ke kelas PIS 08-02, awalnya saya ga begitu dekat dengannya. yang saya tangkep pertama kali, orang ini judes banget keliatan dari mukanya yang jarang senyum. cuma dia nih yang ga pernah ngobrol sama sekali sama saya. haha piss ty. beda sama anak2 cewe laen yang mukanya friendly. tapi itu masih awal2 doang loh. saya lupa persisnya kapan saya pertama kali ngobrol sama dia. yang saya inget waktu kita pas lagi duduk sebelahan, ngobrol apaa gitu, eh ujung2nya tentang gitar. kebetulan kita sama2 bisa maen gitar. dari situ langsung nyambung ngobrolnya. musik, cara memandang suatu hal, dan gila. haha. itu sebagian dari kesamaan kita. cuma bedanya dia anaknya tomboy, saya feminin. dia suka film india, saya kurang suka. dia ga suka nyalon, saya suka nyalon. paling kalo nyalon juga cuma potong rambut, kalo saya perawatan. emang sih, kita belum lama kenal. tapi saya dah nganggep dia sodara saya sendiri. sebisa mungkin saya berusaha bantu dia kalo dia lagi butuh bantuan. haha. lebay banget dah ni kata2nya.

2. Akbar Nuzul Putra
ini nih si onyet dari PIS 0802. orangnya cerewet abiss. cewek2 kalah deh sama dia. haha.. it's real nyet. dari pandangan saya dia ini orangnya baik, pola pikirnya bagus. cuma cerewetnya itu loh. ih gemes jadinya. saya sering dicengin sama ni orang. setiap kali ngomong ma dia, selalu di jawab, ga pernah mau ngalah. kenal sama dia waktu sekelompok di semester 3. orangnya juga nyantai kayak di pantai, slow kayak di pulau. ngakakakakak.

3. Fierra Distyka Septana
akrab dipanggil disty. ini sahabat saya waktu di PIS 0815 dulu. sekarang masih tetep contact2an dan maen bareng. sempet sih ada percekcokan tapi ya udahlah lupain aja. udah berlalu juga, jangan di inget2 lagi. ya ga? hehe. orangnya seneng jalan2 sampe2 kuliah pun bisa dikorbanin sama dia kalo lagi dateng penyakit malesnya. dia suka fashion. makanya saya nyambung ngobrol ma dia tuh.

4. Chindy Febriani Rahman
ini juga sahabat saya waktu masih di PIS 0815 dulu. sama kayak disty, dia juga suka fashion. orangnya bersahaja dan pengertian sama temen2nya.

5. Eva Rofiza
ini temen sekosan saya. orangnya sangat mengedepankan kebersihan. kamarnya selalu rapi dan bersih. orangnya bisa diajak 'gila' juga. orang bakal seneng deket sama dia, soalnya pasti nyambung ngobrol apa aja.

Tuesday, 8 June 2010

Islam never lies, Jihad never dies


Untuk kesekian kalinya kebrutalan zionis Israel terjadi. meraka menyerbu kapal Mavi Marmara para tanggal 31 Mei 2010. Kapal ini berisikan para relawan, temasuk ada yang dari Indonesia, dengan misi kemanusiaan untuk membantu saudara-saudara kita seiman yang tengah berada dalam keterpurukan. Entah karena alasan apa, para Yahudi laknatullah itu berkali-kali bahkan sering sekali membantai dan menyiksa penduduk Palestina. Umat Islam pada saat ini terjerumus ke dalam fanatisme dan penyakit yang mematikan, di antara bentuk terparahnya adalah penjajahan bangsa Yahudi atas negeri kaum Muslimin, Palestina. Yahudi telah membunuh kaum laki-laki dan anak-anak kaum muslimin, meneror dan melecehkan kaum wanita dan anak-anak, membakar masjid dan menghancurkan rumah mereka, serta memboikot dan memblokade mereka dari dunia luar.

Sebenarnya kita jika meninjau ulang, kenapa kita memusuhi Yahudi, yaitu karena mengharap keridhaan Allah. Kita marah kepada Yahudi karena mereka menghina Allah, membunuh para nabi dan mencelanya. Sungguh suatu perbuatan yang sangat tidak terpuji. Di dalam Al-Quran, Allah telah menuliskannya sejak dahulu bahwa Yahudi adalah musuh Islam yang nyata. 

Sekarang jika dilihat dari sudut pandang kemanusiaan, tentu saja mereka sangat tidak bermoral. Membunuh seseorang secara sengaja dengan tanpa berpri kemanusiaan, menghancurkan tempat tinggal mereka, dan menyiksa. Saya kasihan melihat saudara-saudara kita ditindas habis-habisan, dibuat seperti binatang yang tak berakal. Seorang muslim dalam melihat dan menilai sesuatu harus bertolak dari kabar berita Al-Quran dan al-Sunnah. Dari sini, kita sadarkan diri kita dan terangi jalan kita, serta mempersiapkan kekutan untuk menghadapi musuh-musuh kita. Tentu saja kaum muslimin yang ada disana tidak tinggal diam. Mereka mengatas namakan Allah Ta’ala diatas segala-galanya dan Jihad fi sabilillah yang tentunya sudah ada dalam Al-Quran.

Yang terakhir kita memohon kepada Allah Ta'ala agar menolong orang-orang yang lemah dari kaum mukminin, menghinakan kaum Yahudi dan musyrikin, menolong kaum muwahhidin, mengusir Zionis Yahudi dari Baitul Maqdis dalam kondisi terhina dan kalah. Semoga shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada Rasulullah, keluarga dan para sahabatnya.

[postingan ini dalam rangka demi kepedulian terhadap kaum muslimin di Palestina]

Review Tugas Besar Inovasi dan Kewirausahaan

Alhamdulillah dikasih tugas review penjualan juga sama dosen saya Pak Ferdian karena sebelumnya saya sudah banyak mendokumentasikan kegiatan-kegiatan kami selama berjualan. Kami dikasih tugas individu mereview penjualan dari awal dan di tulis dalam sebuah blog. Kebetulan saya punya blog pribadi, ya sudah saya pake buat tugas ini. Link blog ini nanti dikirim ke emailnya Pak Ferdian. Saya mendokumentasikan semuanya dari mulai pergi ke pasar, proses produksi, proses penjualan, dan keuntungannya. Kami berjualan sudah 6 kali, terhitung sejak 16 Mei, 23 Mei, 30 Mei, 6 Juni, 7 Juni, dan yang terakhir hari ini 8 Juni. Setiap kali kami mau berjualan, saya selalu menceritakan dan mendokumentasikan proses-prosesnya di blog saya ini. Sebagai buktinya, setiap kali memposting saya kasih foto-fotonya. Modal awal kami yaitu sebesar 7500 per orang, sampe sekarang terkumpul lumayan banyak lah, bisa balik modal bahkan untung.

Di minggu pertama tanggal 16 Mei mulai berjualan hanya memakai tempat kue yang kecil, jualannya muter-muter bolak-balik di sepanjang pasar nawarin ke orang-orang, Alhamdulillah laku semua. kemudian semakin meningkat dengan memakai meja (sebenernya bukan meja sih tapi kardus tv) di minggu ke dua tanggal 23 Mei, alhamdulillah juga laku semua. Yah karena ga ada meja kecil jadi kita pake kardus tv buat naroh jualannya dan bisa duduk kayak penjual-penjual lainnya. selama 2 minggu kami berjualan tanpa disuruh karena kami melihat kelas lain udah pada jualan semua. Kami pikir, kenapa harus bekerja setelah disuruh? Kenapa kita ga berinisiatif sendiri?

Di minggu ke tiga yaitu pada tanggal 30 Mei, semakin rame karena jualannya barengan sama kelompok2 lain tapi masih satu kelas. Wah hari itu emang rame banget sampe2 cupcorn kami habis tak tersisa, sementara roti jala masih kurang dikenal orang jadi masih ada sisa beberapa kotak. Di minggu ke empat tanggal 6 Juni, kami menjual lebih banyak cupcorn lagi karena kami melihat peluang pasar cupcorn sangat tinggi. Kami tidak lagi berjualan di depan poltek, tapi di depan Learning Center dan pas banget di samping tukang odong-odong yang banyak anak-anak kecilnya. Pas banget kan, target konsumen kami dari awal adalah anak-anak.

Kemudian besoknya tanggal 7 Juni hari senin kami jualan di kampus. Kebetulan di kampus lagi rame karena ada registrasi calon mahasiswa baru dari hari senin sampe hari jumat. Kami pikir ini strategi yang bagus untuk jualan, kan lagi rame2nya tuh. Jualan kami laku semua. Ya udah kami sepakat jualan seminggu ini waktu pulang kuliah. Terus hari ini tanggal 8 Juni kami jualan lagi. Kali ada sedikit hambatan karena hujan mengguyur kota Bandung. Pas banget waktu selesai ngemasin cupcornnya, eh hujan gede. Jadi ga bisa ke kampus. Terpaksa kami jual ke temen2 kosannya tya. Hehe.

Alhamdulillah saya mendapat banyak pengalaman dari mata kuliah ini. Saya menjadi banyak tau gimana cara berdagang dan menjadi pedagang yang baik, belajar gimana susahnya nyari uang dengan keringat sendiri. Ditolak dagangannya sama orang, dibilang kemahalan sama ibu-ibu, ada juga anak kecil yang duitnya ga cukup buat beli cupcorn padahal dia mau beli. Haha ada-ada aja ya. saya juga jadi tau masak dikit2 sih cuma ngegoreng roti jala sama ngerebus jagung. Ga pinter2 banget, yang penting taulah. Saya dulu ga pernah ke pasar, sekarang masuk pasar sampe muter-muter nyari keju ga dapet2 (waktu itu sama fahmi). Udah becek, bau pula. Hehe. Setiap pekerjaan pasti ada resikonya. Dan mulai dari pengalaman ini, saya bersama 3 teman saya (tya, akbar, syawal) berencana membuat bisnis baju karena kami melihat peluang bisnis di bidang fashion di Indonesia sangat menjanjikan dari tahun ke tahun mengikuti perkembangannya. Insya Allah dengan niat yang tulus dan mimpi menjadi orang sukses dapat terwujud. Amin ya Rabb.

Untuk Pak Ferdian, bapak bisa baca postingan-postingan saya sebelumnya tentang dokumentasi dan review tugas besar inovasi kewirausahaan yang diberi label inov atau kuliah. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih Pak.

Kuliah Yang Padat


waw..waw..waw.. hari sabtu kemaren aktivitas kuliah begitu padet dan melelahkan. mulai kuliah jam 9 yaitu XML.. huft sangat menguras pikiran dengan codingan-codingan. dilanjutkan dengan kuliah teori e-commerce. abis kuliah ini, biasa makan siang dulu di kantin. nambah tenaga cuy.. terus kuliah praktikum e-commerce jam 3. kita cuma dikasih tugas doang nyari SEO. saya lupa kepanjangannya apa. intinya gimana caranya biar website kita indeksnya di halaman pertama waktu di akses di google. gitu doang, langsung bubar deh. pulangnya saya tepar. ketiduran dari jam 5 sampe jam 8 malem. itu juga kebangun gara2 ada sms dari tya. saya diminta ke kosannya gorengin roti jala buat jualan minggu paginya. seperti biasa, demi tugas inov. mau ga mau harus mau. saya bangun, ngumpulin nyawa dulu terus cuci muka, wudhu, dan sholat isya. abis sholat langsung cabut ke kosan tya. pulangnya sekitar jam setengah 10 malem. ol bentar. langsung tidur karena besok mo ke pasar pagi2, beli jagung, dll. oh iya, ini saya dapet sertifikat dari seminar inovasi dan kewirausahaan tanggal 18 mei kemaren. hehe lumayan deh.

proses produksi roti jala. haha.


















sertifikat Inovasi dan Kewirausahaan.














Minggu, 6 Juni 2010

Jualan lagi..jualan lagi... kali ini yang ke pasarnya cuma tya sama akbar doang. saya sama fahmi ngebooking (bahasa lo ketinggian mit) lapak di depan Learning Center (LC). kita agak telat sih. jam 5. wah udah rame banget di pasar kaget. orang-orang juga udah pada siap2 buat jualan. sekitar setengah jam nunggu tya sama akbar balik dari pasar kordon. si fahmi ngejemput lourent ngambil barang2 buat es kopyor (sekarang bukan es pelangi lagi). jam 6 saya jalan ke kosan tya (naik kaki). nyampe sana, eh mereka dah nyampe. kirain belom. ya udah saya langsung bantuin. jam 7an kita mulai meluncur (telat banget sih). pasar kaget dah rame banget. alhamdulillah banyak yang beli jualan kita. cupcorn terjual 45 cup. wah seneng banget tuh. roti jala juga lumayan sama es kopyor. tapi es kopyornya masih kesisa banyak soalnya si laorent bikinnya banyak. tapi ga pa2lah. udah bersyukur tuh cupcornnya laku keras. pulang jam 9an, ke kosan tya. si akbar sama fahmi cuma sebentar langsung pulang. saya ditahan sama si curut katanya temenin jualan di kosannya. sampe jam 1 saya balik ke kosan. dan pas belok ke kosan ada orang gila yang lagi (maaf) ga pake celana tapi pake baju lagi tiduran pas di depan pintu warungnya bpk kosan saya, dan pintunya itu ga jauh sama tangga yang mo ke atas. pas mau naik saya takut banget sambil baca2 doa gitu. ga berani liat ke orang gilanya, takut diikutin sampe atas. hiii.. naudzubillah minzalik jangan sampe terjadi. alhamdulillah saya selamat sampe kamar saya. pintu kamar anak2 pada ketutup semua, pantesan. hii. masuk kamar langsung jatoh (hehe) ke kasur dan bangun jam 5 sore karena kelaperan. haha. oh iya ni saya kasih foto2nya. enjoy.


suasana pasar kaget.













melayani pembeli.













jualan kita hari minggu kemaren banyak loh. cupcornnya masih ada di belakang.












pembuatan es kopyor.


















ni para penjual jagung narsis banget sih! haa.













fahmi ngapain tuh di belakang.













serius banget anak Bulukumba satu ini melayani pembeli. ahahaha.

Wednesday, 2 June 2010

mengenang almarhum Opa Kadir Palamani


Sudah beberapa hari ini saya teringat akan sosok seorang Opa (ayah dari papa saya). beliau meninggalkan kita semua ketika saya masih kelas 3 SMP. sebelumnya beliau sudah masuk rumah sakit selama beberapa minggu untuk dirawat inap. hingga akhirnya keluarga memutuskan untuk merawat Opa di rumah saja karena merasa susah agak baikan. hari demi hari berlalu. sabtu itu tepatnya tanggal 3 desember, saya bangun dan mandi bersiap untuk pergi ke sekolah. pagi itu rumah saya sepi, cuma ada saya sama fitria. mama tidak ada. sedangkan papa waktu itu dimutasikan ke Ternate, Maluku Utara. tiba2 terdengar suara telpon berdering, fitria yang mengangkatnya. ternyata telpon dari rumah Oma saya di kampung ketang, mama saya yang telpon. saya disuruh kesana, mereka bilang keadaan Opa saya sudah "gawat". langsung saya berangkat kesana. sampe disana masuk ke kamar, dan benar. keadaan opa saya sudah lemah tapi masih bisa bernafas. banyak orang datang menjenguk. tak lama kemudian, saya balik ke rumah, ambil tas dan pergi ke sekolah. di sekolah perasaan saya sangat tidak enak. saya satu sekolah sama sepupu saya sendiri, namanya pipit. dia memberitahu saya kalo opa sudah meninggal. Innalillahi wa'inna illaihi raaji'un. hati saya menangis. langsung saya menelpon mama, saya tanya dan beliau pun menjawab iya. pikiran saya kacau, ga karuan. di sekolah lagi ada latihan menari untuk pelajaran kesenian. saya memutuskan untuk tidak ikut dan langsung pulang bersama pipit. di perjalanan, kami berdua diam. dalam hati saya mencoba untuk tidak menangis pada waktu itu. hingga akhirnya sampai di lorong rumah oma, dari kejauhan terdengar suara kaset mengaji. para tetangga datang mengucap belasungkawa. saya tak dapat menahan air mata, hingga masuk ke kamar, melihat oma saya sedang berada di dekat opa saya. langsung saya peluk oma saya dengan penuh kasih sayang dan menangis melihat tubuh opa terdiam kaku. saya mengucapkan salam perpisahan pada beliau dengan mengecup dahi dan mencium tangannya berkali-kali. matanya tertutup untuk selama-lamanya, hidungnya tak bisa bernafas lagi. sungguh tak dapat ku tahan airmata ini mengalir deras. mereka bilang jangan sampai air mata kita jatuh di tubuh orang yang baru meninggal. berkali-kali saya mengambil tissue mengusap air mata saya. jenazah opa saya dikebumikan jam 3 sore selepas sholat ashar. di detik2 mau di bawa ke pemakaman, papa saya belum juga datang. beliau sedang di perjalanan mau kesini. Allah sudah mengatur segalanya. papa saya tiba, pas waktu jenazah selesai dikafankan. tanpa menunggu lama, jenazah langsung digotong ke peristirahatan terakhir. terlihat wajah papa sangat tegar walaupun saya tahu dalam hatinya pasti menangis. selamat jalan opa Kadir Palamani. kami semua sangat mencintaimu, tapi Allah lebih mencintaimu. nasehat2mu tak akan ku lupakan. semoga arwahnya diterima disisi Allah SWT, diterima semua amalan2nya, diampuni semua dosa2nya.
Amin.

beliau tak pernah lupa sholat 5 waktu dan mengaji.