Recent Posts

Tuesday, 22 June 2010

Gasibu, the final!


Alhamdulillah. satu kata yang sangat ampuh membuat hati tenang, sabar, dan selalu mensyukuri nikmat Allah. inilah tugas yang semakin membuat saya merasakan gimana perjuangan para pedagang setiap harinya, gimana susahnya mencari uang untuk meneruskan hidup. melalui tugas ini pula, saya semakin bersyukur pada Allah karena saya termasuk orang-orang beruntung dikasih rezeki lebih, tidak hanya dari segi materi tapi juga lahir batin.

ga kerasa ini dah final inov. sabtu pagi pergi ke pasar berempat lagi sama tya, akbar, fahmi. kali ini beli jagungnya ga tanggung-tanggung 4 kilo. buset dah. terus beli cupnya lagi 50 biji. dari pagi jam 9 sampe 5 sore kuliah. pulangnya langsung tidur nambah energi. kita janjian jam 9 malem di kosan tya buat nyiapin semuanya. wah, emang diforsir banget malem itu. kita semua (kecuali rahmat) ngumpul di kosan tya. ngerebus jagung, ngegoreng roti jala + bikin kuahnya, ngemasin jagungnya. kita semua ga tidur tuh. kelar jam setengah 3 pagi. istirahat bentar, telpon taksi. tadinya mo nyewa motor tapi udah pada penuh. jadi pake taksi aja ke gasibunya. meluncur jam 3 pagi ke gasibu. pas nyampe udah ada yang mulai siap2 buat dagang. kita kan janjian sama anak2 kelas biar barengan gitu jualannya. kelompok saya bolak balik muter-muter dari depan telkom japati terus ke depan gedung sate, di seberang gedung sate duduk bentar di tangga masuk lapangan gasibunya. terus kita jalan kaki lagi ke arah kanan (saya lupa namanya, hehe), terus balik lagi ke tangga masuk gasibu. intinya sih nyari lapak yang kosong dan bukan tempat orang. kalo sampe kita nempatin lapak orang mah bisa berabe urusannya. finally, kita jualan di deket tangga itu, tapi sepi tempatnya. ga pa2lah yang penting ada tempat. syawal n fahmi muter2 ngedagangin jualan kita. saya,tya,akbar,tami,lourent,icank dagang di tempat. saya sama tya sempet tidur bentar, itupun ga nyenyak. capek banget dah ga tidur dari sabtu pagi. setelah sejam ngedagangin jualan, belum laku juga. denger2 sih yang laku disini bukan makanan/kuliner, tapi barang2 kayak baju, tas, sepatu, dll. sekali lagi ga pa2. tetap bersyukur aja. pulang sekitar jam 9an. saya,tya,tami,lourent pulang naik angkot. kali ini matahari lagi enak banget dah memancarkan sinarnya, hahaha. oh iya, ada satu cerita lagi. waktu nyari sarapan sama tya n akbar. kita sarapan sate dan penjualnya seorang nenek renta. sebuah pemandangan langka bagi saya, langsung saya abadikan di kamera hp tya (ga modal banget sih saya, haha). saya tersentuh hatinya pas ngeliat beliau motong2 lontong, ngebakar satenya. ini merupakan pelajaran berharga bagi saya. bayangin, seorang nenek yang udah tua, masih tetap semangat jualan untuk melanjutkan hidupnya. saya kasihan ngeliat beliau, dalam hati saya, kemana keluarganya, anak2nya. kenapa beliau dibiarin nyari uang sendiri. Ya Allah saya cuma bisa terdiam ngeliat beliau.

nyampe kosan tya, anak2 pada tepar. fahmi,icank,akbar tidur. wah kasian sekali kita ini. tapi apa boleh buat, demi tugas. jualannya sih masih sisa lumayan banyak. ya udah langsung ditawarin ke temen2 kosannya tya dan alhamdulillah cupcorn abis. roti jala masih sisa. kita mutusin untuk bagi2 aja ke orang2 di sekitar. itung2 buat sedekah lah.

pulang dari kosan tya saya langsung tepar. balas dendam (hahaha) tidur dari jam 2 siang sampe 11 malem. itupun kebangun gara2 kelaperan. hehe. untung masih ada tukang nasi goreng di bawah kosan saya. tapi sayang, nasgornya abis, adanya mie. hmm, dari pada ga makan sama sekali, ga pa2lah makan mie. abis makan tidur lagi. jiah.. dasar tukang tidur. haha.

alhamdulillah saya tetap bersyukur untuk hari itu.


baru nyampe dan masih gelap. ini di depan kantor Telkom Japati. date picture taken: 20/6/2010, 3.26 am











muka capek!













muka capek part II













tya, akbar, mita













sengaja janjian pake baju putih semua. like this.












:'(


















speechless..


















pose di depan gedung sate. salah satu ciri khas kota Bandung.

Friday, 11 June 2010

Friendship Never Ends


hmm diliat dari judul kayaknya dah bosen ya dengernya. tapi ga bagi saya. inilah sahabat2 saya, yang baru kenal hampir 2 semester terakhir. walaupun belum kenal tapi saya udah ngerasain indahnya kebersamaan dan kehangatan suatu persahabatan. check it out!


1. Tya Muhibbaini
2 bulan sejak saya dipindahkan ke kelas PIS 08-02, awalnya saya ga begitu dekat dengannya. yang saya tangkep pertama kali, orang ini judes banget keliatan dari mukanya yang jarang senyum. cuma dia nih yang ga pernah ngobrol sama sekali sama saya. haha piss ty. beda sama anak2 cewe laen yang mukanya friendly. tapi itu masih awal2 doang loh. saya lupa persisnya kapan saya pertama kali ngobrol sama dia. yang saya inget waktu kita pas lagi duduk sebelahan, ngobrol apaa gitu, eh ujung2nya tentang gitar. kebetulan kita sama2 bisa maen gitar. dari situ langsung nyambung ngobrolnya. musik, cara memandang suatu hal, dan gila. haha. itu sebagian dari kesamaan kita. cuma bedanya dia anaknya tomboy, saya feminin. dia suka film india, saya kurang suka. dia ga suka nyalon, saya suka nyalon. paling kalo nyalon juga cuma potong rambut, kalo saya perawatan. emang sih, kita belum lama kenal. tapi saya dah nganggep dia sodara saya sendiri. sebisa mungkin saya berusaha bantu dia kalo dia lagi butuh bantuan. haha. lebay banget dah ni kata2nya.

2. Akbar Nuzul Putra
ini nih si onyet dari PIS 0802. orangnya cerewet abiss. cewek2 kalah deh sama dia. haha.. it's real nyet. dari pandangan saya dia ini orangnya baik, pola pikirnya bagus. cuma cerewetnya itu loh. ih gemes jadinya. saya sering dicengin sama ni orang. setiap kali ngomong ma dia, selalu di jawab, ga pernah mau ngalah. kenal sama dia waktu sekelompok di semester 3. orangnya juga nyantai kayak di pantai, slow kayak di pulau. ngakakakakak.

3. Fierra Distyka Septana
akrab dipanggil disty. ini sahabat saya waktu di PIS 0815 dulu. sekarang masih tetep contact2an dan maen bareng. sempet sih ada percekcokan tapi ya udahlah lupain aja. udah berlalu juga, jangan di inget2 lagi. ya ga? hehe. orangnya seneng jalan2 sampe2 kuliah pun bisa dikorbanin sama dia kalo lagi dateng penyakit malesnya. dia suka fashion. makanya saya nyambung ngobrol ma dia tuh.

4. Chindy Febriani Rahman
ini juga sahabat saya waktu masih di PIS 0815 dulu. sama kayak disty, dia juga suka fashion. orangnya bersahaja dan pengertian sama temen2nya.

5. Eva Rofiza
ini temen sekosan saya. orangnya sangat mengedepankan kebersihan. kamarnya selalu rapi dan bersih. orangnya bisa diajak 'gila' juga. orang bakal seneng deket sama dia, soalnya pasti nyambung ngobrol apa aja.

Tuesday, 8 June 2010

Islam never lies, Jihad never dies


Untuk kesekian kalinya kebrutalan zionis Israel terjadi. meraka menyerbu kapal Mavi Marmara para tanggal 31 Mei 2010. Kapal ini berisikan para relawan, temasuk ada yang dari Indonesia, dengan misi kemanusiaan untuk membantu saudara-saudara kita seiman yang tengah berada dalam keterpurukan. Entah karena alasan apa, para Yahudi laknatullah itu berkali-kali bahkan sering sekali membantai dan menyiksa penduduk Palestina. Umat Islam pada saat ini terjerumus ke dalam fanatisme dan penyakit yang mematikan, di antara bentuk terparahnya adalah penjajahan bangsa Yahudi atas negeri kaum Muslimin, Palestina. Yahudi telah membunuh kaum laki-laki dan anak-anak kaum muslimin, meneror dan melecehkan kaum wanita dan anak-anak, membakar masjid dan menghancurkan rumah mereka, serta memboikot dan memblokade mereka dari dunia luar.

Sebenarnya kita jika meninjau ulang, kenapa kita memusuhi Yahudi, yaitu karena mengharap keridhaan Allah. Kita marah kepada Yahudi karena mereka menghina Allah, membunuh para nabi dan mencelanya. Sungguh suatu perbuatan yang sangat tidak terpuji. Di dalam Al-Quran, Allah telah menuliskannya sejak dahulu bahwa Yahudi adalah musuh Islam yang nyata. 

Sekarang jika dilihat dari sudut pandang kemanusiaan, tentu saja mereka sangat tidak bermoral. Membunuh seseorang secara sengaja dengan tanpa berpri kemanusiaan, menghancurkan tempat tinggal mereka, dan menyiksa. Saya kasihan melihat saudara-saudara kita ditindas habis-habisan, dibuat seperti binatang yang tak berakal. Seorang muslim dalam melihat dan menilai sesuatu harus bertolak dari kabar berita Al-Quran dan al-Sunnah. Dari sini, kita sadarkan diri kita dan terangi jalan kita, serta mempersiapkan kekutan untuk menghadapi musuh-musuh kita. Tentu saja kaum muslimin yang ada disana tidak tinggal diam. Mereka mengatas namakan Allah Ta’ala diatas segala-galanya dan Jihad fi sabilillah yang tentunya sudah ada dalam Al-Quran.

Yang terakhir kita memohon kepada Allah Ta'ala agar menolong orang-orang yang lemah dari kaum mukminin, menghinakan kaum Yahudi dan musyrikin, menolong kaum muwahhidin, mengusir Zionis Yahudi dari Baitul Maqdis dalam kondisi terhina dan kalah. Semoga shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada Rasulullah, keluarga dan para sahabatnya.

[postingan ini dalam rangka demi kepedulian terhadap kaum muslimin di Palestina]

Review Tugas Besar Inovasi dan Kewirausahaan

Alhamdulillah dikasih tugas review penjualan juga sama dosen saya Pak Ferdian karena sebelumnya saya sudah banyak mendokumentasikan kegiatan-kegiatan kami selama berjualan. Kami dikasih tugas individu mereview penjualan dari awal dan di tulis dalam sebuah blog. Kebetulan saya punya blog pribadi, ya sudah saya pake buat tugas ini. Link blog ini nanti dikirim ke emailnya Pak Ferdian. Saya mendokumentasikan semuanya dari mulai pergi ke pasar, proses produksi, proses penjualan, dan keuntungannya. Kami berjualan sudah 6 kali, terhitung sejak 16 Mei, 23 Mei, 30 Mei, 6 Juni, 7 Juni, dan yang terakhir hari ini 8 Juni. Setiap kali kami mau berjualan, saya selalu menceritakan dan mendokumentasikan proses-prosesnya di blog saya ini. Sebagai buktinya, setiap kali memposting saya kasih foto-fotonya. Modal awal kami yaitu sebesar 7500 per orang, sampe sekarang terkumpul lumayan banyak lah, bisa balik modal bahkan untung.

Di minggu pertama tanggal 16 Mei mulai berjualan hanya memakai tempat kue yang kecil, jualannya muter-muter bolak-balik di sepanjang pasar nawarin ke orang-orang, Alhamdulillah laku semua. kemudian semakin meningkat dengan memakai meja (sebenernya bukan meja sih tapi kardus tv) di minggu ke dua tanggal 23 Mei, alhamdulillah juga laku semua. Yah karena ga ada meja kecil jadi kita pake kardus tv buat naroh jualannya dan bisa duduk kayak penjual-penjual lainnya. selama 2 minggu kami berjualan tanpa disuruh karena kami melihat kelas lain udah pada jualan semua. Kami pikir, kenapa harus bekerja setelah disuruh? Kenapa kita ga berinisiatif sendiri?

Di minggu ke tiga yaitu pada tanggal 30 Mei, semakin rame karena jualannya barengan sama kelompok2 lain tapi masih satu kelas. Wah hari itu emang rame banget sampe2 cupcorn kami habis tak tersisa, sementara roti jala masih kurang dikenal orang jadi masih ada sisa beberapa kotak. Di minggu ke empat tanggal 6 Juni, kami menjual lebih banyak cupcorn lagi karena kami melihat peluang pasar cupcorn sangat tinggi. Kami tidak lagi berjualan di depan poltek, tapi di depan Learning Center dan pas banget di samping tukang odong-odong yang banyak anak-anak kecilnya. Pas banget kan, target konsumen kami dari awal adalah anak-anak.

Kemudian besoknya tanggal 7 Juni hari senin kami jualan di kampus. Kebetulan di kampus lagi rame karena ada registrasi calon mahasiswa baru dari hari senin sampe hari jumat. Kami pikir ini strategi yang bagus untuk jualan, kan lagi rame2nya tuh. Jualan kami laku semua. Ya udah kami sepakat jualan seminggu ini waktu pulang kuliah. Terus hari ini tanggal 8 Juni kami jualan lagi. Kali ada sedikit hambatan karena hujan mengguyur kota Bandung. Pas banget waktu selesai ngemasin cupcornnya, eh hujan gede. Jadi ga bisa ke kampus. Terpaksa kami jual ke temen2 kosannya tya. Hehe.

Alhamdulillah saya mendapat banyak pengalaman dari mata kuliah ini. Saya menjadi banyak tau gimana cara berdagang dan menjadi pedagang yang baik, belajar gimana susahnya nyari uang dengan keringat sendiri. Ditolak dagangannya sama orang, dibilang kemahalan sama ibu-ibu, ada juga anak kecil yang duitnya ga cukup buat beli cupcorn padahal dia mau beli. Haha ada-ada aja ya. saya juga jadi tau masak dikit2 sih cuma ngegoreng roti jala sama ngerebus jagung. Ga pinter2 banget, yang penting taulah. Saya dulu ga pernah ke pasar, sekarang masuk pasar sampe muter-muter nyari keju ga dapet2 (waktu itu sama fahmi). Udah becek, bau pula. Hehe. Setiap pekerjaan pasti ada resikonya. Dan mulai dari pengalaman ini, saya bersama 3 teman saya (tya, akbar, syawal) berencana membuat bisnis baju karena kami melihat peluang bisnis di bidang fashion di Indonesia sangat menjanjikan dari tahun ke tahun mengikuti perkembangannya. Insya Allah dengan niat yang tulus dan mimpi menjadi orang sukses dapat terwujud. Amin ya Rabb.

Untuk Pak Ferdian, bapak bisa baca postingan-postingan saya sebelumnya tentang dokumentasi dan review tugas besar inovasi kewirausahaan yang diberi label inov atau kuliah. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih Pak.

Kuliah Yang Padat


waw..waw..waw.. hari sabtu kemaren aktivitas kuliah begitu padet dan melelahkan. mulai kuliah jam 9 yaitu XML.. huft sangat menguras pikiran dengan codingan-codingan. dilanjutkan dengan kuliah teori e-commerce. abis kuliah ini, biasa makan siang dulu di kantin. nambah tenaga cuy.. terus kuliah praktikum e-commerce jam 3. kita cuma dikasih tugas doang nyari SEO. saya lupa kepanjangannya apa. intinya gimana caranya biar website kita indeksnya di halaman pertama waktu di akses di google. gitu doang, langsung bubar deh. pulangnya saya tepar. ketiduran dari jam 5 sampe jam 8 malem. itu juga kebangun gara2 ada sms dari tya. saya diminta ke kosannya gorengin roti jala buat jualan minggu paginya. seperti biasa, demi tugas inov. mau ga mau harus mau. saya bangun, ngumpulin nyawa dulu terus cuci muka, wudhu, dan sholat isya. abis sholat langsung cabut ke kosan tya. pulangnya sekitar jam setengah 10 malem. ol bentar. langsung tidur karena besok mo ke pasar pagi2, beli jagung, dll. oh iya, ini saya dapet sertifikat dari seminar inovasi dan kewirausahaan tanggal 18 mei kemaren. hehe lumayan deh.

proses produksi roti jala. haha.


















sertifikat Inovasi dan Kewirausahaan.














Minggu, 6 Juni 2010

Jualan lagi..jualan lagi... kali ini yang ke pasarnya cuma tya sama akbar doang. saya sama fahmi ngebooking (bahasa lo ketinggian mit) lapak di depan Learning Center (LC). kita agak telat sih. jam 5. wah udah rame banget di pasar kaget. orang-orang juga udah pada siap2 buat jualan. sekitar setengah jam nunggu tya sama akbar balik dari pasar kordon. si fahmi ngejemput lourent ngambil barang2 buat es kopyor (sekarang bukan es pelangi lagi). jam 6 saya jalan ke kosan tya (naik kaki). nyampe sana, eh mereka dah nyampe. kirain belom. ya udah saya langsung bantuin. jam 7an kita mulai meluncur (telat banget sih). pasar kaget dah rame banget. alhamdulillah banyak yang beli jualan kita. cupcorn terjual 45 cup. wah seneng banget tuh. roti jala juga lumayan sama es kopyor. tapi es kopyornya masih kesisa banyak soalnya si laorent bikinnya banyak. tapi ga pa2lah. udah bersyukur tuh cupcornnya laku keras. pulang jam 9an, ke kosan tya. si akbar sama fahmi cuma sebentar langsung pulang. saya ditahan sama si curut katanya temenin jualan di kosannya. sampe jam 1 saya balik ke kosan. dan pas belok ke kosan ada orang gila yang lagi (maaf) ga pake celana tapi pake baju lagi tiduran pas di depan pintu warungnya bpk kosan saya, dan pintunya itu ga jauh sama tangga yang mo ke atas. pas mau naik saya takut banget sambil baca2 doa gitu. ga berani liat ke orang gilanya, takut diikutin sampe atas. hiii.. naudzubillah minzalik jangan sampe terjadi. alhamdulillah saya selamat sampe kamar saya. pintu kamar anak2 pada ketutup semua, pantesan. hii. masuk kamar langsung jatoh (hehe) ke kasur dan bangun jam 5 sore karena kelaperan. haha. oh iya ni saya kasih foto2nya. enjoy.


suasana pasar kaget.













melayani pembeli.













jualan kita hari minggu kemaren banyak loh. cupcornnya masih ada di belakang.












pembuatan es kopyor.


















ni para penjual jagung narsis banget sih! haa.













fahmi ngapain tuh di belakang.













serius banget anak Bulukumba satu ini melayani pembeli. ahahaha.

Wednesday, 2 June 2010

mengenang almarhum Opa Kadir Palamani


Sudah beberapa hari ini saya teringat akan sosok seorang Opa (ayah dari papa saya). beliau meninggalkan kita semua ketika saya masih kelas 3 SMP. sebelumnya beliau sudah masuk rumah sakit selama beberapa minggu untuk dirawat inap. hingga akhirnya keluarga memutuskan untuk merawat Opa di rumah saja karena merasa susah agak baikan. hari demi hari berlalu. sabtu itu tepatnya tanggal 3 desember, saya bangun dan mandi bersiap untuk pergi ke sekolah. pagi itu rumah saya sepi, cuma ada saya sama fitria. mama tidak ada. sedangkan papa waktu itu dimutasikan ke Ternate, Maluku Utara. tiba2 terdengar suara telpon berdering, fitria yang mengangkatnya. ternyata telpon dari rumah Oma saya di kampung ketang, mama saya yang telpon. saya disuruh kesana, mereka bilang keadaan Opa saya sudah "gawat". langsung saya berangkat kesana. sampe disana masuk ke kamar, dan benar. keadaan opa saya sudah lemah tapi masih bisa bernafas. banyak orang datang menjenguk. tak lama kemudian, saya balik ke rumah, ambil tas dan pergi ke sekolah. di sekolah perasaan saya sangat tidak enak. saya satu sekolah sama sepupu saya sendiri, namanya pipit. dia memberitahu saya kalo opa sudah meninggal. Innalillahi wa'inna illaihi raaji'un. hati saya menangis. langsung saya menelpon mama, saya tanya dan beliau pun menjawab iya. pikiran saya kacau, ga karuan. di sekolah lagi ada latihan menari untuk pelajaran kesenian. saya memutuskan untuk tidak ikut dan langsung pulang bersama pipit. di perjalanan, kami berdua diam. dalam hati saya mencoba untuk tidak menangis pada waktu itu. hingga akhirnya sampai di lorong rumah oma, dari kejauhan terdengar suara kaset mengaji. para tetangga datang mengucap belasungkawa. saya tak dapat menahan air mata, hingga masuk ke kamar, melihat oma saya sedang berada di dekat opa saya. langsung saya peluk oma saya dengan penuh kasih sayang dan menangis melihat tubuh opa terdiam kaku. saya mengucapkan salam perpisahan pada beliau dengan mengecup dahi dan mencium tangannya berkali-kali. matanya tertutup untuk selama-lamanya, hidungnya tak bisa bernafas lagi. sungguh tak dapat ku tahan airmata ini mengalir deras. mereka bilang jangan sampai air mata kita jatuh di tubuh orang yang baru meninggal. berkali-kali saya mengambil tissue mengusap air mata saya. jenazah opa saya dikebumikan jam 3 sore selepas sholat ashar. di detik2 mau di bawa ke pemakaman, papa saya belum juga datang. beliau sedang di perjalanan mau kesini. Allah sudah mengatur segalanya. papa saya tiba, pas waktu jenazah selesai dikafankan. tanpa menunggu lama, jenazah langsung digotong ke peristirahatan terakhir. terlihat wajah papa sangat tegar walaupun saya tahu dalam hatinya pasti menangis. selamat jalan opa Kadir Palamani. kami semua sangat mencintaimu, tapi Allah lebih mencintaimu. nasehat2mu tak akan ku lupakan. semoga arwahnya diterima disisi Allah SWT, diterima semua amalan2nya, diampuni semua dosa2nya.
Amin.

beliau tak pernah lupa sholat 5 waktu dan mengaji.

Tuesday, 1 June 2010

Nginep di kosan si Curut

Agak aneh ya baca judulnya hehe. sekarang kita manggil pake nama hewan gitu. saya dipanggil bekicot (hhhh), tya si curut, akbar si onyett (harusnya monyet). hahaha. ada2 aja ni anak2. jumat pagi tepatnya tanggal 28 pas tanggal merah. biasa, bangunnya siang jm 9an (bandel ih, suka kelewat sholat subuh). baru bangun inget kalo hari ini tanggal merah. hmm dari pada bengong di kosan, mending jalan. saya langsung sms tya: nyalon yuk. dibales: hayuk atuh, tp gw ga cz lg dpt. gw mo nyari sepatu aja. oke. ahahaha. akhirnya bisa nyalon juga karena dah sebulan ga msk salon. ga lama kemudian si gemala sms saya. dia minta saya nginep di kosan mereka nemenin si tya karena dia mau balik ke cianjur nengokin neneknya lagi sakit. ya udah dari pada sendirian di kosan, mending nginep di tempat tya. langsung mandi, ganti baju, pake topi kesayangan (ahaha). pas mau pergi ngeliat ada tukang sama bapak kosan juga. wah ternyata air kita mau dibenerin. alhamdulillah deh. nyampe di kosan tya, ga langsung pergi, nunggu selesai jumatan (ga enak kalo pergi, tapi orang2 lagi jumatan). sambil nunggu ya maen2 gitar, ngobrol, nonton tv. jam 1 telpon taksi. taksinya penuh. akhirnya kita nunggu sampe jam set3 baru pergi.

nyampe sana ke toko sepatu dulu. yess dapet. si tya seneng banget tuh. kesampean juga beli sepatu. terus kita ke salon, saya di creambath. tya nunggu. saya liat dia bete nunggunya hehe. maaf ya rut.. abis dari salon perut jadi laper, kita ke pizza hut, nyobain yang baru, saya lupa lagi apa namanya. abis dari pizza, tadinya saya mo nyari kacamata. dapet sih, tapi kemahalan. ya udahlah ga jadi. kita langsung balik ke kosan. sampe kosan, kita ga langsung tidur, tapi ngobrol2 gitu sambil nonton indonesian idol. jam 12an baru deh tidur.

besok paginya (sabtu) bangun jam 8an. eh iya, ada kuliah jam 9. males masuk ah, harpitnas. yang laen juga pada ga masuk. yang masuk cuma 10 orang katanya. haha. pas banget dah. siangnya kita nyanyi2, maen gitar, direkam juga. hehe. tapi kali ini di video-in, kemaren2 kan cuma audio doang. saking keasikan nyanyi2, kita lupa kalo besok hari minggu dan harus jualan. wah gawat, belum belanja barang2 lagi, mana udah sore gini, ga ada pasar yang buka. akhirnya kita ke warung buat beli bumbu2 buat roti jala. sebagian ada, sebagian ga ada. sms si onyet sama fahmi, anterin ke carrefour. malemnya, bikin spaghetti (buatan tya, wow!). abis makan langsung bergerak. tya bikin bumbu2nya, saya nge goreng roti jalanya dan potong2 kentang. ampe jam 12an. lagi2 ga langsung tidur, si tya nonton film india (dasar curut bollywood), saya online. ga tanggung2 jam 2 baru kelar filmnya. ngantuk banget dah, mana ntar mo ke pasar lagi jam 4. saya sama tya cuma tidur 2 jam. jam 4 meluncur ke pasar kordon, pake celana panjang (minjem punya curut), jaket, dan helm (tentunya) soalnya dingin banget. gila aja belum juga subuh. alhamdulillah apa yang kita cari dapet semua kecuali cup buat es pelangi. oh iya kita buat 1 product lagi loh namanya es pelangi. pulang dari pasar langsung ngerebus jagung dan bikin kuah karinya.

jam 6 pagi kita meluncur ke pasar kaget. ternyata ada anak2 kelas. wah makin rame tuh. jualan kita juga makin laku. alhamdulillah. eh, pas banget ketemu pak ferdian (dosen inov), sontak langsung anak2 pada manggil beliau. akhirnya dia ngeliat sendiri juga, perjuangan kita buat jualan, ngikutin aturan mata kuliah ini.

jam 9 jualan abis, balik ke kosan tya. ngitung hasil, lalu balik ke kosan masing2.
malemnya, saya tepar. batuk dan sekarang flu menyerang saya. kurang tidur dan masuk angin mungkin . hehe. oke segini dulu deh. ni saya kasih foto2nya.


motong kentang













spaghetti buatan si curut. wuenakk..













ini baru pulang dari pasar jam 4 pagi. onyet sama fahmi lagi nyiapin cup.












lagi ngemasin jagung.


















ni bareng anak2 kelas. ada 3 kelompok. rame geelaaa..












ini dia yang namanya syawal. dah 2 minggu absen ga ikut kita jualan. sekarang tugasmu nawarin jualannya nak. haha.

















ini kelompok sebelah. ada chika, deby, dll.













inilah kelompok yang kita namain "Clarity Cluster". yang cowo2 di belakang itu kelompok lain.

















panasss....













si icank. ni anak kayak si syawal, baru ikut jualan minggu ini.


















sok sibukk. haha..













ga nyadar kamera ya anda!


















dari kejauhan..