Recent Posts

Tuesday, 26 April 2011

Menjadi Mahasiswa Sukses dengan Kekuatan Pikiran


Demikian nama seminar yang saya ikut bareng sahabat saya Tya. Awalnya sih ikutan seminar "hanya" untuk mengikuti peraturan baru di kampus. Ga perlu disebutin namanya apa, toh mahasiswa Politeknik Telkom udah pada tau semuanya.


Seminarnya diadain hari Jumat kemarin tanggal 22 April 2011 di GSG IT Telkom, Bandung. Kampus tetangga sebelah dan masih sodaraan sama kampus saya karena dalam naungan Yayasan Pendidikan Telkom. Berhubung tanggal merah, saya jadi males-malesan gitu awalnya. Bangun kesiangan dan telat satu setengah jam. Hahaha. Emang rada ga niat datang, tapi sayang kalo ga datang, udah beli tiket mahal2.

Pas nyampe sana, seminarnya udah dimulai. Saya dapat tempat di belakang tapi masih bisa kok ngeliat si pembicaranya walaupun soundnya agak ga jelas karena ruangannya yang kelewat gede dan pintu sama jendelanya dibuka, otomatis suara mic ga begitu kedengeran. Ya udahlah ga apa2. Banyak motivasi dan pelajaran yang saya dapat dari seminar ini. Mengubah cara pandang (mindset) dengan selalu berpikir positif, mengerjakan sesuatu yang paling penting prioritasnya, dan tetap tawakal. Saya ga bisa ngejabarin disini karena panjang banget. Intinya mulai dari diri kita sendiri, dari pikiran kita sendiri. Kalo kita yakin, kita pasti bisa. Dan ga ada yang mustahil di dunia ini. Banyak motivasi yang saya dapat dari seminar ini.


Selanjutnya para peserta disuruh merem, dan hanya mendengarkan apa yang disampaikan. Seperti di hipnotis, kita semua larut dalam imajinasi-imajinasi. Membayangkan kita berada kedamaian dan dikelilingi orang-orang tersayang, semua bahagia, semua tersenyum. Pembicara sepertinya tau yang ikut seminar sebagian adalah mahasiswa tingkat akhir. Penyampaian beliau soal wisuda sungguh membuat hati saya tersentuh. Dengan mata sedikit basah, saya membayangkan Insya Allah bulan Oktober saya di wisuda dan berdiri di tengah-tengah orangtua yang saya sayangi, keluarga, sahabat. Ya Allah kalbulkanlah.. Amin..

Saya kira seminar ini kayak seminar-seminar lain yang biasanya cuma ngasih materi-materi dan 1 arah. Ternyata ga demikian. Peserta diajak berinteraksi langsung oleh pembicaranya Bapak Muvtizar Solichin, S.Sos, CH, salah satu trainer "Mind Programmer" termuda di Indonesia. Beliau adalah founder, director, dan master trainer De'Miracle 37 (sebuah lembaga training, coaching, dan consulting). Salah satu simulasi oleh pembicaranya yaitu dengan mematahkan pensil 2B dengan menggunakan jari kelingking. Semua peserta masing-masing dibagikan 1 pensil. Awalnya diperagain sama Pak Muvti. Kita yang ngeliat kayak ga percaya. Masa pensil 2B bisa dipatahin sama jari kelingking doang. Dengan backsound yang ngebeat semua disuruh berdiri bareng2 matahin pensil. Teman sebelah megang pensil dengan kedua tangannya dan yang satunya coba mematahkan pensil dengan jari kelingkingnya. Tya duluan. Siap-siap... dan prakk!! PATAH! Wow, keren! Sekarang gantian saya. Bismillah, prak..........!!!! PENSILNYA PATAH!! Dengan muka girang dan ga percaya, saya sama Tya jingkrak2 saking senengnya. Wooooaahhhhhhh.... KITA BISA MATAHIN PENSIL DENGAN MENGGUNAKAN JARI KELINGKING! Unbelievable emang. Tapi saya membuktikannya sendiri.




Sungguh bila kita percaya dan yakin, kita pasti bisa melakukan semuanya. Tetaplah berpikir positif apapun keadaannya. Cara mudah membangun konsep diri yang POSITIF yaitu bergaul dengan orang-orang yang POSITIF. Dan jangan lupa, tetap berdoa dan tawakal kepada Allah SWT.

"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu"
(QS Al-Mukmin : 60)


Oh ya kita ga lupa narsis2an. Hahaha.






Temen satu kelas Anendya, Chika, sama Deby juga ikut.

0 komentar:

Post a Comment