Recent Posts

Monday, 16 December 2013

Shedding Ular (nindy)

Hari ini tepat satu bulan setelah gue mengadopsi nindy, ular peliharaan gue yang berjenis ular pelangi, sejenis ular yang termasuk anggota suku Xenopeltidae. Ular ini diberi nama demikian karena lapisan transparan pada sisiknya membiaskan warna-warni pelangi dari cahaya matahari. Dalam bahasa Inggris disebut dengan nama sunbeam snake atau iridescent earth snake. Sementara nama ilmiahnya adalah Xenopeltis Unicolor (Schneider, 1799), merujuk pada keistimewaan sisik-sisiknya (Xeno: aneh, ajaib; peltis: perisai). Mengapa gue memilih untuk memelihara dan merawat ular pelangi karena menurut referensi yang gue baca, ular pelangi mudah untuk dijinakkan dan cocok untuk pemula yang mulai menyukai ular. 

Dari kemarin-kemarin nindy ga mau makan dan minum, permukaan kulit dia berubah jadi pucet dan kusam dan berwarna keabu-abuan. Kirain gue dia sakit, setiap pagi gue jemur dia, main-main sama dia, biar kuat dan ga lemes lagi. Setelah gue browsing, gejalanya bukan mau sakit tapi dia mau ganti kulit atau shedding (istilah untuk ganti kulit pada ular). Yang gue baca, ada masa-masanya dimana ular peliharaan kita bakalan shedding atau ganti kulit pada ular yaitu pada musim-musim tertentu misalnya musim hujan atau pada saat dipindahkan di habitatnya yang baru. Selama ular ganti kulit kita ga boleh memegang ular peliharaan kita, kasih batu atau ranting di kandangnya untuk mempermudah proses ganti kulit pada ular, serta kasih tempat untuk berendam. 

Nah setelah berhasil shedding atau ganti kulit, ular pelangi akan terlihat lebih licin dan permukaan kulitnya menjadi lebih bagus pelanginya. Alhamdulillah itu terbukti pada nindy ular gue yang beberapa hari lalu mengalami proses shedding dan hari ini berhasil sheddingnya. Ia tampak seperti yang gue sebutin diatas. Selama proses tersebut ia harus berpuasa, karena energinya ia habiskan untuk ganti kulit. Dan setelah gue lihat, katak yang gue simpen di kandangnya langsung dimakan satu. Kayaknya kelaperan banget nindy nih.

Well, nindy. Congratulations :D

0 komentar:

Post a Comment