Recent Posts

Tuesday, 22 April 2014

Happy Earth Day 2014

Hari ini tepat 22 April adalah hari pengamatan tentang Bumi dan diperingati secara Internasional. Berbagai belahan dunia telah sejak lama menggagas slogan "Go Green" yang gunanya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga planet yang hanya bisa ditinggali satu-satunya oleh manusia. 

Gue sangat menyadari hal tersebut dan oleh karena itu gue melatih diri sendiri untuk melakukan hal-hal kecil yang setidaknya dapat menyelamatkan bumi kita. Sebagai contohnya gue selalu membuang sampah pada tempatnya. Kalaupun tidak ada tong sampah disekitar, gue akan menyimpannya di tas sampai gue nemuin tong sampah terdekat dan membuangnya. Hal ini gue terapkan juga pada orang-orang sekitar gue: Pacar, sahabat, teman dekat sampai anak kecil si Opal.

Ketika lagi di jalan, di motor, gue melarang keras pacar membuang sampah sembarangan makanan atau minuman kecil yang baru saja Ia habiskan. Apapun itu seperti bekas bungkus snack atau botol air mineral. Begitu pula ke sahabat dan teman-teman dekat gue melakukan hal yang sama. Satu lagi nih, ke Opal. Pernah Ia selesai menghabiskan jajanannya lalu membuang bungkusnya ke depan pintu kamar. Gue bilang, "Opal, bekas bungkusnya dibuang ke tempat sampah yang ada di sebelah kanan (tangan gue sambil nunjuk ke sebelah kanan)." Opal kemudian mengambil lagi bungkusnya lalu membuang ke tempat sampah yang gue tunjuk. Pinter Opal.. 

Pernah denger Global Warming kan? Proses dimana meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Dampaknya besar sekali, guys. Contohnya sekarang harusnya sudah musim kemarau tetapi masih turun hujan kan? Coba tanya orang tua kita dulu gimana kondisi bumi dan cuacanya. Tidak seperti sekarang ini.

Berkurangnya tanah disekitar kita juga yang menjadi penyebabnya. Kenapa? Coba lo semua banyangin kalau semua tanah disekitar pemukiman itu disemen, nanti air hujan yang turun diserap oleh apa??! Itu fungsinya tanah, jadi jangan seenaknya tanah dimatikan dengan disemen sana-sini biar keliatan rapih. Miris liatnya.

Hutan dibakar demi kepentingan busuk sejumlah oknum tidak bertanggung jawab. Udara yang tercemar atau asap menimbulkan menipisnya lapisan atmosfer bumi. Atmosfer ini gunanya mengurangi panas yang dihasilkan matahari langsung. Tahu akibatnya kalau atmosfer tipis? Suhu ekstrim seperti kalau panas, panas banget! 

Satu lagi nih yang bikin gue sebel kalau bumi kita dirusak. Pohon-pohon ditebang sana-sini, dibuat kertas atau kursi kayu, atau apalah. Nanti kalau ga ada pohon, lo semua nafas pake apa? Insang ikan? Pikir lagi kalau mau nebang pohon.

Intinya semua dimulai dari kesadaran diri kita sendiri. Please, tolong jangan ngerusak bumi kita tercinta ini untuk kepentingan kita sendiri. Kalau bukan di bumi, kita mau tinggal dimana lagi?


One Earth, One Chance. Celebrate Earth Day Everyday.

0 komentar:

Post a Comment