Recent Posts

Monday, 21 April 2014

Lovely Man

Film ini mengisahkan tentang seorang remaja perempuan yang ingin bertemu dengan Ayahnya setelah empat belas tahun memendam rindu. Saiful (Donny Damara) meninggalkan istri dan anaknya untuk bekerja di Jakarta, lantas Ia tidak melupakan kewajibannya untuk menghidupi anaknya dengan mengirimkan uang untuk pendidikan setiap bulan. Cahaya (Raihaanun) memberanikan diri pergi menemui Ayahnya di Jakarta, namun betapa terkejutnya Ia ketika mendapati Ayahnya adalah seorang waria. Dulu Ipuy, begitu Ia disapa oleh lingkungan sekitarnya, merupakan kuli bangunan yang bekerja di siang hari. Sekarang Ipuy mengenakan gaun merah dengan riasan wajah yang tebal berlenggak-lenggok di suatu sudut kota Jakarta dari malam hingga menjelang subuh.

Kisah yang mengharukan tentang hubungan Ayah dan anak ini betapa orangtua selalu memberikan yang terbaik kepada anaknya, tidak peduli apapun keadaannya. Adegan demi adegan disuguhkan sutradara Teddy Suriaatmadja seperti realita yang kita temukan jika melintas di tempat (maaf) PSK bertandang. Interaksi dan perbincangan keduanya yang menyentuh hati, tak lupa obrolan khas waria yang mengundang tawa penonton. 

Donny Damara bermain dengan sangat apik. Cara bicaranya yang nyablak dan kasar, cara jalannya yang udah kayak top model papan atas dan raut muka yang sama persis seperti waria. Begitu juga Raihaanun yang menjiwai perannya sebagai remaja gadis yang lugu dan polos. Serta orang-orang dibalik layar film ini semuanya keren dan berhasil mengangkat tema yang tabu dan mengundang banyak kontroversi.

Film ini telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi di luar negeri, antara lain Special Mention Awards di Osaka Asian Film Festival 2012 dan Donny Damara dinobatkan sebagai Best Actor pada Asian Film Awards 2012 di Hong Kong. Serta sang sutradara Teddy Suriaadmadja sebagai Best Director pada Tiburon Internasional Film Festival 2012 di San Fransisco, Amerika Serikat.


"Semakin lo deket sama orang, semakin cepet lo sakit hati. Kenal orang secukupnya aja." - Lovely Man


0 komentar:

Post a Comment