Recent Posts

Thursday, 24 September 2015

Yuk Keliling Bandung Naik Bandros

Apa itu Bandros?
Bandros yang ini bukan nama makanan khas Sunda, melainkan kependekan dari Bandung Tour On Bus. Bandros adalah bus bertingkat yang disediakan oleh pemerintah kota Bandung bagi wisatawan yang hendak berkeliling Bandung dengan nyaman. Menurut informasi dari Google, bandros diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil pada malam tahun baru 2014. Terhitung sudah dua tahun dari sejak beroperasi.



Keliling Bandung
Siapa saja yang ingin berkeliling kota Bandung tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada bandros. Karena berdasarkan pengalaman gue naik bandros seru, asyik dan yang paling penting bisa menambah wawasan sejarah kota Bandung. Penumpang diajak berkeliling kota sambil mendengar penjelasan tour guide yang ramah mengenai jalan-jalan yang dilewati. Mengapa seru? Karena bus setinggi 315 cm membuat penumpang yang berada di lantai 2 harus menunduk jika bus melintas di bawah pohon. Seru banget apalagi bareng temen-temen, udah kayak di film-film perang disuruh nunduk kalau ada serangan musuh. Hahaha.

Harga dan rute
Tahun 2014 lalu harga tiket donasi bandros dikenai biaya Rp 10.000,- per orang. Penumpang diharuskan untuk datang langsung ke halte untuk mengecek jadwal kosong. Namun sekarang mekanismenya dirubah agar lebih mudah yaitu calon penumpang diwajibkan reservasi terlebih dahulu melalui no WhatsApp 085793559911. Kemudian calon penumpang akan mendapat balasan dari operator tentang jadwal dan jumlah kursi yang dapat direservasi. Harga tiket donasi naik menjadi Rp 25.000,- per orang. Untuk rutenya Alun-Alun - Jln. Banceuy - Jln. Braga - Jln. Lembong - Jln. Sunda - Jln. Banda - Jln. Diponegoro - Jln. Dago - Jln. Kepatihan - Alun-alun. Oh ya saat ini sudah tersedia bandros warna kuning dan biru, selain warna merah.

Mirip Double Decker di London
Satu yang menarik perhatian saya adalah bus bandros merah yang mereka design mirip seperti bus bertingkat Double Decker di London. Keren. Warga Bandung sudah pasti bangga dengan kehadiran bus bandros yang menjadi iconic kota Bandung. Jadi, anggap saja kita sedang berkeliling London, namun tak perlu jauh-jauh memesan tiket ke Ibukota Britania Raya tersebut, melainkan sudah ada di Bandung.



0 komentar:

Post a Comment